Lisan. Bisa Jadi Surga Atau Nerakamu

Sebagai manusia, lisan merupakan instrumen yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama. Entah untuk sekedar menyapa, bincang-bincang ringan, berdiskusi, orasi, khutbah dan tausiyah. Semuanya menggunakan lisan. Maka tak pelak lagi, lisan kadang menjadi sumber masalah atau pemberi solusi. 


Jika dikaitkan dengan hubungan rumah tangga, maka menjaga lisan adalah sebuah keharusan. Ada waktunya bercanda, serius atau bahkan diam. 

Banyak rumah tangga yang harmonis karena mampu menjaga lisan. Utamanya yang berkaitan dengan rahasia rumah tangga. Kekurangan masing-masing pasangan seyogyanya tidak disebar kepada siapapun. Kecuali sekedar meminta saran dan solusi. Itupun mesti kepada orang yang dapat dipercaya memegang rahasia.

Demikian juga sebaliknya. Banyak rumah tangga yang hancur berantakan disebabkan oleh tidak mampu menjaga rahasia pasangannya. Aib atau kekurangan pasangan menjaga konsumsi publik yang menyebabkan orang lain jadi paham betul dengan kondisi rumah tangganya. 

Maka, jagalah lisan dari mengumbar aib pasangan. Sebab itu akan menjadi bom waktu yang akan memperuncing persoalan yang sedang dihadapi.

Ditulis Oleh : Ustadz Amir Abdullah

0 Komentar