Manfaat Mondok



Saat ini belajar di Pondok (Mondok) bukan lagi menjadi pilihan kedua bagi para orang tua. Sebagian orangtua sudah mulai berbondong bondong untuk memasukkan putra-putrinya ke pondok pesantren. 


Tentu saja bukan tanpa alasan dan dasar pertimbangan yang matang ketika para orang tua memilih memondokkan putra putrinya.

Beberapa hal berikut adalah manfaat Mondok, yaitu 

1. Mendalami ilmu agama
Kita mafhum bahwa ilmu agama adalah pondasi yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Dengan ilmu agama, seorang anak akan memahami statusnya sebagai hamba dan Allah SWT sebagai rabb-nya. 

Dengan mondok, maka ilmu agama akan diperoleh secara utuh dan lengkap. Bukan sekedarnya.

Lebih-lebih di pondok diajar dan dibimbing untuk mempraktekkan ilmu yang sudah dipelajarinya. Jadi ilmu dapat, praktek juga dapat.

2. Belajar mandiri
Kemandirian adalah hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Sebagai orangtua pasti mafhum bahwa kekuatan baik finansial maupun fisik orangtua itu terbatas. Maka dengan melatih kemandirian sejak dini, diharapkan anak-anak akan bisa dan mampu mengurus dirinya sendiri, menyelesaikan masalahnya sendiri, dsb.

3. Memiliki banyak teman
Biasanya yang mondok itu dari berbagai latar belakang suku, bahasa. berinteraksi dengan berbagai macam suku bangsa dan bahasa akan memperkaya dan memperbanyak sahabat. Dan yang lebih penting mereka akan memiliki sikap untuk saling memahami perbedaan. Berbeda tidak harus bermusuhan tapi untuk mengenal satu sama lainnya.

4. Ada program unggulan
Biasanya setiap pondok mengangkat satu atau dua atau lebih program unggulan. Contohnya Pesantren Putri Tahfidzul Qur'an Hidayatullah Madiun mengangkat program Tahfidzul Qur'an sebagai program unggulannya. 

Senang, gembira dan haru ketika anak-anak membaca Al Qur'an dengan fasih, indah. Apalagi sudah hafal Al-Qur'an. Subhanallah. Semua orangtua pasti memiliki harapan dan doa seperti itu.

Semoga dimudahkan. Aamiin

0 Komentar