Persiapan Mondok

Ada dua hal yang harus disiapkan ketika memondokkan putra-putri kita yaitu persiapan materi dan Ruhani. 



PERSIAPAN RUHANI

1. Menata dan Meluruskan Niat.

Niat adalah penentu sebuah usaha atau pekerjaan diterima atau tidaknya. Termasuk dalam hal ini memondokkan anak perlu niat kita diluruskan dan ditata. Niat kita memondokkan anak adalah mencari ridho Allah SWT. Sebab anak adalah titipan Allah SWT yang kelak kita akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT.

2. Persiapan Mental

Persiapan ruhani erat kaitannya dengan kesiapan untuk berpisah dan berjauhan dengan anak. Dan ini membutuhkan kesiapan mental yang sangat kuat. Sebab tak jarang ketika awal-awal mondok, anak-anak akan menangis, mengeluh bahkan sakit-sakitan akibat kangen rumah. Maka di sini orangtua harus kuat mentalnya. Sebab inilah cobaan awal ketika memondokkan anak. 

Maka pada saat kita mendengar anak menangis dan mengeluh, di situlah peran kita sebagai orangtua untuk selalu menguatkan dan memotivasi agar anak-anak kita tetap kuat dan sabar menjalani proses mondok.


PERSIAPAN MATERI.

1. Bekali secukupnya

Mondok tidak sama dengan pindah rumah. Mondok itu adalah belajar mandiri. Mampu mengurus dirinya sendiri. Mampu mencuci pakaian sendiri, mampu melipat dan menyetrika pakaian sendiri. Intinya mondok itu adalah proses pemandirian anak.

Maka karena ini merupakan proses pemandirian, bekali mereka secukupnya. Jangan berlebihan.

2. Biaya pendidikan.

Inilah perjuangan dan mujahadah para orangtua. Untuk mengantarkan anak-anak sukses dan mandiri di masa dewasanya nanti, para orangtua berjuang mencari biaya yang halal demi tujuan di atas.


Semoga usaha dan doa kita semua diijabah oleh Allah SWT. Aamiin





























0 Komentar