Pola-pola memimpin

Sebelum kita membahas tema di atas, maka terlebih dahulu kita membahas antara pemimpin dan pejabat. Sebab keduanya dianggap sama antara satu dg lainnya. Padahal pemimpin belom tentu pejabat dan pejabat belom tentu pemimpin.



Pembahasan terkait pemimpin dan kepemimpinan adalah hal yang sangat penting dalam pembahasan organisasi dan manajemen. 


Pola-pola memimpin

1. Berilah perintah dari dekat

Mungkin ini merupakan hal sederhana yakni memberi perintah dari dekat. Namun hal yang sangat urgen yang harus senantiasa diperhatikan oleh seorang pimpinan adalah sisi manusiawinya. Apapun kedudukannya, pegawai adalah manusia dan harus dimanusiakan. Maka memberi perintah dari dekat merupakan salah satu etika dalam memberi perintah kepada bawahan. 


2. Berilah perintah yang jelas

Memang poin ini tidak mutlak. Setiap perintah tidaklah harus jelas dan rinci. Namun hal ini juga harus diperhatikan. Sebab sebagian pegawai ada yang kurang memahami perintah jika perintah tersebut kurang jelas. Apalagi jika pemimpinnya tipe orang yang sangat rigid dan rinci. Maka sebaiknya perintah diberikan secara rinci dan detail untuk menghindari kesalahan pekerjaan.


3. Pelankan suara anda

Seorang pemimpin harus memahami karakter bawahannya. Terkadang ada bawahan yang baperan dimana suara tinggi dianggap membentak atau merendahkan. Di sini pemimpin harus hati-hati. Sebab baper dalam pekerjaan akan mengurangi kualitas kinerja bawahan.

4. 

Semoga bermanfaat 🙏


0 Komentar