AJAKAN TERBAIK

Kepedulian. Satu kata yang erat kaitannya dengan sikap yang mirip dengan empati. Peduli bisa diartikan sampai pada batas mencampuri urusan orang lain karena saking perhatian dan peduli. Dalam bahasa Inggris kita menyebutnya care. 

Ketika seseorang tertimpa sebuah musibah, banyak sanak saudara dan tetangga yang care dengan kondisinya dengan cara menjenguknya, membawakan bahan makanan dan menguatkannya. 

Pun demikian ketika seseorang mendapatkan kebahagiaan juga banyak yang datang berbondong-bondong memenuhi undangan dan memberikan ucapan selamat.

Ada satu bagian dari peduli yaitu ajakan. Mengajak orang lain untuk berbuat baik. Itu namanya peduli. Mengajak orang lain untuk sholat. Itu namanya peduli. Mengajak orang lain untuk menutup aurat. Itu namanya peduli. Maka kalau dengan yang sifatnya duniawi, orang lain peduli dengan kita. Lantas bagaimana jika ada orang yang peduli dengan agama dan akhlak kita. 

Sampai-sampai Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an 
ومن أحسن قولا ممن دعا إلى الله وعمل صالحا. وقال إنني من المسلمين. 

Ajakan terbaik itu adalah mengajak kepada Allah SWT dan amal sholeh. Dan tidak ada ungkapan yang paling baik kecuali ungkapan aku adalah seorang muslim.

Maka sepatutnya kita berbahagia ketika masih ada orang yang peduli dan care dengan agama kita. Masih ada orang yang mau menegur kita ketika kita tidak sholat. Masih ada orang yang peduli akan akhirat kita.

Semoga kita senantiasa didekatkan dengan orang-orang yang peduli dunia dan akhirat kita. Aamiin

0 Komentar