BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Dalam profesi apapun, skill dan kompetensi adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh SDM agar mampu berkontribusi maksimal terhadap kemajuan organisasi. 

Namun demikian, perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terus bergerak cepat. Terkadang banyak hal yang awalnya dilakukan secara manual kemudian tergantikan oleh teknologi terbaru. Otomatis mengurangi peran SDM dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Sehingga mutlak bagi SDM untuk selalu meng-upgrade skill dan kompetensi nya baik dengan belajar mandiri atau mengikuti kegiatan pelatihan dan training atau kegiatan apapun yang bisa meningkatkan skill dan kompetensi SDM.

Kalo semuanya bisa dibuat usang oleh teknologi, maka ada satu hal yang tidak akan pernah usang oleh teknologi yaitu nilai. Nilai akan terus hadir dan melekat pada pribadi SDM. Apalagi pada tenaga pendidik. Maka seyogyanya seorang guru terus diingatkan akan nilai-nilai dasar perjuangan, nilai - nilai etika dan perilaku mulia. Dan lain sebagainya.

Maka seorang guru tidak boleh terjebak oleh perkembangan teknologi dan mengesampingkan tatanan nilai dan etika. Sebab murid membutuhkan contoh atau figur yang hidup bukan figur palsu yang hanya ada di dunia khayalan. 

Maka sekali jadi guru, maka jadilah guru yang paripurna baik keilmuan, sikap dan nilai yang dipegangnya dan kepribadiannya.




0 Komentar