LITERACY TODAY

Sejak masa Pandemi, kegiatan KBM mengalami beberapa perubahan dan penyesuaian. Setiap pagi, biasanya santri langsung masuk kelas. Namun sejak Pandemi ini merajalela dan tidak tahu sampai kapan akan mewabah, maka jadwal KBM dimulai pada jam 8 pagi. Namun sebelum jam 8 yakni pada jam 7.30 para santri dibiasakan berolahraga bersama untuk menjaga imunitas tubuh dan agar terhindar dari berbagai macam sakit. 

Kegiatan olahraga ini awalnya dilakukan setiap hari. Namun lama-lama bosan juga jika harus olahraga setiap pagi. Sehingga jadwal diubah kembali yakni diselang seling. Satu hari olahraga. Satu hari literasi. 

Kegiatan literasi berlangsung tiap hari Rabu. Para santri berkumpul di lapangan untuk membaca buku yang sudah ditentukan oleh guru pendampingnya. 
Literasi hari ini membacakan sebuah novel karya salah seorang guru Darul Madinah yang berjudul salah kasih nama. Buku ini ditulis oleh ustadz Amir Abdullah.

Kemudian buku kedua yang dibacakan oleh anak-anak adalah buku yang mengisahkan seorang ayah dan dua anak gadisnya di Aleppo Suriah. 
Kegiatan ini akan terus dilakukan agar tumbuh budaya baca dan ilmiah di warga sekolah dan pondok. Target jangka panjangnya adalah darul Madinah baik santri maupun guru bisa menerbitkan buku sebagaimana 8 buku yang sudah diterbitkan tahun ini.

Selamat membaca
Salam literasi

0 Komentar