PROGRAM UNGGULAN DARUL MADINAH MADIUN

Pesantren Putri Tahfidzul Qur'an Hidayatullah Madiun merupakan salah satu pesantren Putri yang berlokasi di kota Madiun Jawa Timur. Tepatnya di jl. Mulya Bakti Kel. Mojorejo kec Taman kota Madiun.

Sejak tahun 2000 Darul Madinah Madiun membuka lembaga pendidikan formal jenjang SLTP yang dinamai SMP Darul Madinah. Sejak itu pula, Darul Madinah mengangkat Tahfidzul Qur'an sebagai program unggulan sekaligus sebagai brand Darul Madinah Madiun.

Kurikulum Tahfidzul Qur'an sendiri terdiri dari dua kategori yakni program reguler dan program takhassus. Target program reguler jenjang SMP sebanyak 10 juz selama 3 tahun. Dan target hafalan MA peogram reguler sebanyak 15 Juz dalam 3 tahun.

Sedangkan program takhassus menargetkan 30 juz selama setahun.

Pada tahun 2013, Darul Madinah kembali membuka lembaga pendidikan setingkat SLTA yang dinamai MA Darul Madinah dengan IPA sebagai jurusan pertama yang dibuka. 

MA Darul Madinah Madiun merupakan program kelanjutan SMP Darul Madinah. Utamanya dalam aspek program unggulan. Kemudian pada tahun 2018, MA Darul Madinah membuka jurusan KEAGAMAAN dengan kurikulum hampir 80% kitab kuning.

Selain Tahfidzul Qur'an, Darul Madinah juga menetapkan program unggulan lainnya yakni bahasa Arab dan Diniyah. Target akhir yang ingin dicapai adalah lulusan yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan mampu membaca dan memahami kitab kuning. 

Dan pada tahun 2020, Darul Madinah kembali membuka program unggulan yakni LITERASI. Program ini bertujuan untuk menciptakan dan membumikan budaya baca bagi warga pesantren Darul Madinah Madiun. Selain itu, Program literasi ini juga menargetkan cetak buku karya santri dan guru. Dan Alhamdulillah tahun 2020 ini sudah terbit sebanyak 8 buku karya santri dan guru.

Mari bergabung bersama kami Pesantren Putri Tahfidzul Qur'an Hidayatullah Madiun Jawa Timur untuk mewujudkan impian bapak/ibu memiliki putri yang Sholehah, hafidhoh, mampu berbahasa Arab dan Inggris dan Giat membaca serta menulis.

Penulis


0 Komentar