GOBAK SODOR


Pasca kegiatan PAT Semester Genap 2020-2021, para santri SMP Darul Madinah Madiun mengadakan kegiatan classmeeting dimana salah satu kegiatannya adalah perlombaan. Salah satu lomba yang diadakan oleh para santri adalah lomba atau permainan GOBAK SODOR.

Permainan galasin atau gobak sodor adalah permainan tradisional dengan menggunakan lapangan berbentuk segi empat berpetak-petak.

Setiap garis dijaga oleh pihak penjaga. Pihak yang akan masuk harus melewati garis dan jika kena sentuh penjaga, harus bergantian menjaga penjaga.

Dalam buku Permainan Tradisional Anak Negeri (2019) karya Balai Pustaka, setiap daerah memiliki permainan yang sama dengan penyebutan yang berbeda.

Galasin merupakan bahasa orang Jakarta, sedangkan di Jawa Tengah terkenal dengan nama Gobak Sodor. Di Sumatera Utara, galasin ini disebut margalah. Kemudian ada yang menyebut permainan hadang, karena dalam permainan ini tugas pemain adalah menghadang.

Permainan ini dimainkan oleh dua regu atau kelompok secara bergantian. Satu kelompok bermain dan kelompok lainnya berjaga atau menghadang.


Setiap regu atau kelompok minimal terdiri atas empat sampai lima pemain atau jumlah pemainnya bisa menyesuaikan.

Lapangan yang digunakan dibagi dalam enam bagian. Setiap bagian biasanya dibatasi dengan kapur tulis. Lapangan yang digunakan harus rata atau datar.

Permainan gobak sodor atau galasin sangat sederhana. Permainan ini tidak memerlukan peralatan. Ketangkasan, kegesitan, dan kecepatan berlari para pemain menjadi modal utama dalam bermain.

0 Komentar