KEUTAMAAN ANAK PEREMPUAN

Setiap anak adalah spesial. Sebab mereka adalah karunia yang Allah SWT berikan kepada kedua orangtuanya. Anak juga merupakan amanah yang harus dijaga, dirawat dan dididik dengan pendidikan terbaik oleh kedua orangtua.

Mendidik anak, apalagi anak perempuan bukan hal yang ringan dan mudah. Sebagaimana mafhum bahwa perempuan lebih dominan perasaan daripada logikanya..maka mendidik mereka pun perlu kehati-hatian. 

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa anak perempuan kelak bisa menjadi penolong bagi orangtuanya.

"Barangsiapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka". (HR. Bukhari dan Muslim).

Juga diriwayatkan Abdullah ibn Abbas, Nabi Muhammad Saw bersabda "siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga". (HR. Abu Daud).

Demikian juga, Jabir bin Abdullah melaporkan bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda "siapapun yang memiliki tiga anak perempuan dan dia merawat mereka, menunjukkan belas kasih kepada mereka dan mendukung mereka, surga pasti dijamin untuknya".

Dan masih banyak lagi hadits-hadits lain yang menjelaskan tentang keutamaan memiliki dan mendidik anak perempuan.

Semoga Allah SWT merahmati kita semua. Aamiin

Penulis : admin

0 Komentar