MANUSIA MAHAL

Jika kita ditanya siapakah manusia yang mahal? Pertanyaan ini akan memunculkan beberapa jawaban dengan berbagai sudut pandang dan pengalaman masing-masing. 

Ada yang akan menjawab bahwa manusia yang mahal adalah yang memiliki skill manajerial, leadership dan komunikasi. 

Ada juga yang akan menjawab bahwa manusia mahal adalah manusia yang memiliki skill bahasa. Bisa bahasa Arab, bahasa Inggris, Dan lain sebagainya.


Tulisan ini bukan untuk memperdebatkan pendapat setiap orang dengan berbagai macam argumentasinya. Tulisan ini akan sedikit menjabarkan pengalaman penulis dalam mencari guru Diniyah dengan spesifikasi mampu membaca dan memahami baca kitab kuning, bagus dan benar bacaan Al Quran nya, baik perilaku dan akhlaknya. Ternyata dari berbagai upaya seperti berkunjung ke beberapa pondok besar di Jawa timur dan Jawa tengah, cukup sulit untuk mendapatkan kriteria tsb. 

Bukan karena tidak ada, namun sudah habis diminta oleh lembaga-lembaga lain atau diberdayakan oleh lembaga sendiri. 

Pun demikian juga dengan para penghafal Al-Qur'an yang sempat dicari kesana kemari. Sangat sulit untuk mendapatkan mereka. Sebab sudah dibooking jauh-jauh hari oleh lembaga lain atau diberdayakan oleh lembaganya sendiri. 

Disinilah penulis merenung dan sampai pada satu kesimpulan bahwa manusia yang berilmu itu mahal. Mahal sekali. Mendidik dan memprosesnya hingga menjadi pribadi yang berkualitas dalam hal keilmun juga berat sekali.

Kesimpulan kedua adalah perlunya membuat lembaga pendidikan tinggi yang mampu melahirkan SDM handal dan berkualitas seperti kriteria di atas. 

Di sinilah Ma'had Aly Darul Madinah Madiun hadir untuk memberikan jawaban dan solusi atas "kelangkaan" SDM handal dan tangguh seperti di atas.

Penulis : admin

0 Komentar