ESTAFETA KEPEMIMPINAN

Berbicara tentang kepemimpinan, maka akan kita temui tiga teori yang umum dijadikan rujukan. Pertama, pemimpin itu dilahirkan alias memang berasal dari kakek nenek dan mbahnya. Mereka semua pernah jadi pemimpin atau tokoh atau ditokohkan dan dituakan. Kedua, pemimpin itu dibuat atau diproses. Teori ini meyakini bahwa pemimpin bukan karena faktor keturunan  tapi karena digembleng, diproses, dididik dan dikader. Ketiga, teori gabungan yakni pemimpin itu dilahirkan dan harus diproses. 

Rasulullah SAW sudah pernah menyampaikan dalam sabdanya yakni
كلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته
Setiap kalian adalah pemimpin. Dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya. 

Dari hadits di atas, bisa diambil kesimpulan sederhana bahwa masing-masing pribadi adalah pemimpin. Dia bertanggungjawab atas dirinya dan akan dimintai pertanggung jawaban bagaimana dia memimpin dirinya. Apalagi memimpin sebuah organisasi bahkan sebuah negara, tentu pertanggungjawaban nya lebih berat lagi. 

Berangkat dari hadits di atas, maka pesantren Putri Tahfidzul Qur'an Darul Madinah Madiun mendidik para santri untuk mampu menjadi leader. Melalui wadah Gerakan Pandu Hidayatullah atau GPH, para santri dididik dan diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin di lingkup pesantren dan sekolah. 

Hari ini, senin, 12 Juli 2021 prosesi serah Terima jabatan / sertijab antara GPH masa bhakti 2020-2021 ke pengurus GPH baru masa bhakti 2021-2022. Terpilihnya sebagai ketua GPH yang baru adalah Ananda Yumna Zahra Salsabila. 

Selamat kepada pengurus GPH yang baru. Semoga Allah SWT memberikan bimbingan dalam menjalankan amanah ini. Aamiin

Penulis : admin

0 Komentar