GALERY NYATE BARENG

Bagaimana rasanya jika kumpul teman-teman sambil nyate bareng? Tentunya senang banget. Bisa dibandingkan jika nyate sendirian. Rasanya kurang seru. Bersama teman-teman nyate bareng akan menumbuhkan kebahagiaan dan kebersamaan. Bukan soal banyaknya. Bukan. Bahkan yang sedikit akan terasa nikmat sekali jika dimakan dan dinikmati bersama teman-teman. Inilah pelajaran penting tentang arti menghargai dan saling menguatkan antara satu dengan yang lain. 

Ada pelajaran berharga dari perjalanan mondok setiap santri. Mulai dari perjuangan untuk menghafal, memahami dan mengerjakan pelajaran, melaksanakan tugas kesantrian dan sebagainya. Inilah kehidupan nyata para santri. Miniatur kehidupan sosial yang "sengaja" direkayasa agar kelak mereka semua siap terjun di tengah-tengah masyarakat. 

Maka dukungan dan motivasi dari orang-orang terdekat adalah amunisi yang mereka tunggu. Pada saat penelponan, mereka sangat membutuhkan motivasi dari kedua orangtuanya. Maka di sinilah peran orangtua untuk membantu dan memberikan solusi atas masalah dan beban yang sedang dihadapi. 

Orangtua harus memposisikan diri sebagai partner diskusi dan solusi. Sebab dalam dunia masyarakat, mereka akan berhadapan dengan problem yang lebih berat dan menantang. Maka membiasakan diri menjadi partner diskusi adalah salah satu solusinya. 

Dari perjalanan  mondok dan partnership dengan kedua orangtua akan terbangun sebuah pemahaman bahwa kehidupan ini butuh solusi dan mereka akan mencoba untuk menjadi solusi itu sendiri. 
Maka melalui kegiatan nyate bareng ini, para santri bisa mendapatkan banyak hal. Utamanya terkait dengan kerjasama, saling menghargai dan saling mendukung. Dan inilah yang disebut dengan kecerdasan emosional yang dalam kehidupan nyata kecerdasan inilah yang banyak berperan mendukung sukses anak di masa yang akan datang. 

Penulis : admin

0 Komentar