Orientasi Orang Tua / Wali Santri SMP - MA Darul Madinah Tahun Pelajaran 2021/2022

 Orientasi Orang Tua / Wali Santri SMP - MA Darul Madinah 

Tahun Pelajaran 2021/2022

 

Segala apa yang sekiranya akan dialami oleh santri-santri dimasyarakat itulah yang dididikkan oleh Pondok kepada mereka. Segala tindakan dan pelajaran, bahkan segala aktifvitas di Pondok ini semuanya akan ditemui dalam perjuangan hidup atau dalam masyarakat. Sehingga ia tidak akan merasa canggung ketika terjun dalam bidang apapun dalam masyarakat.

 

Hidup sederhana tidak berarti mengajarkan kepada anak untuk hidup miskin. Sebab sederhana bukan berarti miskin. Sikap hidup sederhana mengandung unsur kekuatan, ketabahan, pengendalian diri dalam menghadapi perjuangan hidup dengan segala kesulitan dan tantangannya. Kesederhanaan yang diajarkan meliputi kesederhanaan dalam berpakaian, makan, tidur, berbicara dan berpikir.

 


Pendidikan dan pengajaran di Pondok ini tidak ada hubungan dan sangkut pautnya dengan partai atau golongan tertentu. Pondok sebagai lembaga pendidikan senantiasa berdiri di atas dan untuk semua golongan. Karena itu, santri Pondok Pesantren Darul Madinah terdiri atas anak-anak pemimpin bermacam-macam partai dan golongan. Dan para santri bebas memilih golongan, aliran, organisasi massa atau organisasi politik apapun sesuai pilihan hatinya masing-masing setelah mereka menamatkan pendidikannya di Pondok ini.

 

 


Pondok adalah tempat beribadah Thalabul Ilmi mencari ridha Allah. Dalam ceramah-ceramah pekan perkenalan yang diadakan setiap tahun selalu ditanyakan kepada santri "Ke Darul Madinah apa yang kau cari ?". "Datang kesini mencari apa ?". Jawabannya adalah "Semata-mata mencari ilmu dan pendidikan " bukan mencari ijazah, teman, kelas, nama, makan enak dan lain-lain. Orientasi ini akan mengarahkan santri menuju kepada niat yang tulus semata-mata karena ibadah Thalabul Ilmi.

 

0 Komentar