ALYA BUNGA SAKILLA NAJWA SMP KELAS 9 B KULTUM TENTANG SABAR

 ALYA BUNGA SAKILLA NAJWA SMP KELAS 9 B

 KULTUM TENTANG SABAR

 

Menjadi seseorang yang sabar memang nggak mudah. Walaupun nggak mudah tapi sabar bisa dibilang merupakan salah satu elemen penting dalam hidup manusia. Dengan menjadi orang yang sabar, kita bisa menjalin hubungan dengan lebih baik lagi dengan keluarga, teman, sahabat dan juga partner kerja.

Kesabaran semakin diuji ketika wabah pandemi Covid-19 mulai merubah aktivitas kita. Saat ini kita perlu menjadi seseorang yang ekstra sabar untuk menghadapi hidup.
Sabar itu bisa dilatih. Jadi kalau selama ini kamu adalah orang yang nggak sabaran dan ingin mengubah dirimu menjadi lebih baik lagi, maka belajarlah untuk menjadi lebih bersabar.

sabar dapat dilatih dengan cara salah satunya Jadilah Orang yang Proaktif, Bukan Reaktif

Reaktif berarti merespon segala sesuatu dengan cepat. Misalnya ketika kamu berada di bus dan karena agak sesak maka nggak sengaja ada yang menginjak sepatu barumu dan kamu seketika itu juga merespon dengan marah. Begitu kamu mendengar kata- kata yang menyakiti hati atau tindakan yang kurang menyenangkan, di detik itu juga kamu akan segera merespon.

Berbeda dengan reaktif, proaktif adalah kebalikannya, yang artinya dapat menunda merespon. Misalnya saat kamu melihat sebuah masalah, kamu nggak buru- buru merespon fakta tersebut. Indra yang kamu miliki akan memberi jeda untuk merespon dengan cara berpikir sejenak dan mencari tahu penyebabnya.




#ayomondokdiDM
#PondokTahfidzputri
#SMP_MA_Darul_Madinah_Madiun
www.darulmadinah.info

1 Komentar