Pentingnya Kebersihan, Kultum Oleh Nur Ainani Tajriyan Kelas 9 SMP Darul Madinah

 

Pentingnya Kebersihan, 

Kultum Oleh Nur'Ainani Tajriyan 

Kelas 9 SMP Darul Madinah

 

Allah SWT sangat menyukai kebersihan. Itulah sebab umat Islam yang ingin menunaikan sholat diwajibkan bersuci dengan berwudhu. Hal ini agar kita saat berhadapan dengan Allah terjaga dari najis.

"Dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR. Tirmizi).


Apabila ada najis di tubuh apalagi tidak berwudhu maka ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah. Maka itu, harus benar-benar diperhatikan kebersihan. Dengan menjaga tubuh dan lingkungan tetap bersih maka bisa memimalisir risiko badan terkena najis. Efeknya ibadah juga lebih enak dan khusyu.

Dari hadits Ahmad, Muslim, dan Tarmidzi disebutkan:

"Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman." (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ada lima macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (HR. Bukhari dan Muslim).

Diriwayatkan Abu Hurairah r.a. dia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Jika aku tidak menjadikan berat umatku, maka sungguh aku perintahkan bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat". (HR Bukhari)

"Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah." (HR. An Nasa'i, Ahmad).

Islam juga memberikan tuntunan untuk membersihkan tempat tidur sebelum beristirahat. Membersihkan tempat tidur juga merupakan amalan Rasulullah sebelum tidur. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

Dari sahabat Abi Hurairah ra: Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian hendak barbaring di tempat tidurnya hendaklah ia kibas-kibas kasur itu dengan sarungnya. Karena dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya." (HR Bukhari Muslim).

"Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali." (HR. At-Tirmidzi)

Kebersihan meningkatkan iman dan membuat kita menjadi sehat.



#ayomondokdiDM
#PondokTahfidzputri
#SMP_MA_Darul_Madinah_Madiun
https://www.darulmadinah.info

0 Komentar