KENAPA KITA PUASA RAMADHAN?

Mungkin kita sudah banyak yang paham tentang latar belakang diwajibkannya puasa ramadhan bagi kita kaum muslimin. Kalau kita tidak mau repot bisa saja kita jawab puasa itu adalah perintah Allah SWT. Maka kita wajib melaksanakannya. 

Namun terkadang kita juga ditanya oleh orang-orang tertentu yang pertanyaannya membutuhkan jawaban yang logis juga. Maka pada tulisan kali ini akan diurai dan dijelaskan 6 hal yang menjadi alasan kenapa kita puasa di bulan ramadhan sebagai berikut

1. Puasa adalah media untuk mencapai derajat takwa. 
Sejatinya makan dan minum adalah sesuatu yang mubah yang boleh kita lakukan. Sebagaimana kita sering melakukannya dalam keseharian kita. Namun dengan berpuasa kita diperintah untuk meninggalkan sesuatu yang mubah seperti makan dan minum karena mengharap ridho Allah SWT dan khawatir mendapat siksa dan murka-Nya. Maka jika pada hal-hal yang mubah kita mampu mengendalikannya insha Allah pada hal-hal yang haram pun kita akan mudah mengendalikannya juga. 

2. Puasa adalah media untuk melatih ikhlas. 
Semua kita paham tatkala kita sedang berpuasa bisa saja kita membatalkan puasa kita dengan makan dan minum tanpa ada orang yang tahu dan melihat perbuatan kita. Nah, puasa adalah media untuk mempertajam mata batin kita bahwa puasa kita dilihat dan diawasi langsung oleh Allah SWT. 

3. Puasa adalah media bersyukur
Dengan berpuasa kita jadi paham bahwa nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua sungguh amat sangat banyak . 

4. Puasa sebagai media melatih kesabaran
Dengan menahan lapar, dahaga dan syahwat kita berlatih untuk menghindari godaan syaitan bahkan dari hal-hal yang mubah sekalipun. 

5. Allah SWT yang membalas langsung pahala orang yang berpuasa sebagaimana keterangan dalam beberapa hadits

6. Puasa adalah media kesehatan
Dengan dapat membersihkan badan kita dari berbagai macam penyakit badan yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi di luar bulan ramadhan. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

0 Komentar