RAMADHAN : MOMENT PENINGKATAN KUALITAS RUHIYAH

Semua orang paham bahwa untuk mencapai sebuah tujuan atau meraih cita-cita atau mewujudkan impian dibutuhkan sejumlah unsur pendukung. Baik dukungan materiil maupun non-materill. 

Dalam kitab ta'limul muta'allim yang sangat masyhur dikatakan bahwa untuk meraih sukses dalam keilmuan minimal harus memiliki 6 syarat. Salah satunya adalah semangat. Modal semangat adalah modal energi jiwa dan badan. Badan yang sehat namun tak punya semangat maka akan sulit meraih cita-cita. Namun orang yang memiliki jiwa yang semangat semisal tangguh, pantang menyerah namun badan tidak sehat, hal ini masih mungkin untuk bisa mewujudkan cita-cita. 

Sebelas bulan bukan berarti kita abai terhadap hal-hal yang bersifat ruhiyah atau spiritual. Bisa dikatakan berimbang atau jomplang. Kadang kita sangat serius dan bersemangat mengerahkan semua kemampuan lahiriyah kita dan aspek spiritual hanya sekedar nya saja. 

Momen ramadhan adalah momen ruhiyah. Lebih dominan aspek ruhiyahnya. Ramadhan adalah momen untuk kita memperkuat dan mempertajam kualitas ruhiyah kita. Sebab kualitas ruhiyah adalah unsur pokok dari unsur-unsur lainnya yang menjadi penopang dan pendukung sukses duniawi dan ukhrowi. 

Maka tarhib ramadhan adalah satu langkah atau upaya menyiapkan diri menjadi pribadi yang lebih kuat dan berkualitas dari aspek ruhiyah. Sebab jika kita hanya mengandalkan salah satu aspek saja dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita, maka rasanya ada yang kurang dalam pencapaian kita. 

0 Komentar