WORKSHOP MANAJEMEN PENGELOLAAN PENGASUHAN

Dalam menjalankan sebuah organisasi baik pemerintahan maupun swasta tentu saja ada tantangan dan rintangannya tersendiri. Tak terkecuali pondok pesantren. Berbagai tantangan dan rintangan pasti selalu menyertai perjalanannya. 

Cara bijak untuk menyelesaikan tantangan dan rintangan adalah dengan mengurai masalah yang sedang dihadapi. Baik masalah internal maupun masalah eksternal. 

Ibarat kata pepatah Jawa "sawang sinawang". Kadang kita melihat lembaga lain lebih baik padahal bisa jadi lembaga tersebut juga memiliki masalahnya sendiri yang kita tidak tahu yang sebenarnya. Maka cara bijak dalam menyikapi hal tersebut adalah tetap fokus pada perbaikan masalah internal. 

Salah satu masalah yang cukup menantang adalah masalah SDM. Dari dahulu SDM merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah lembaga atau organisasi. Sebaik apapaun atau sehebat apapun sebuah konsep dan sistem jika tidak dikawal oleh SDM yang kapabel, maka sistem tersebut akan kehilangan kehebatannya. 

Maka salah satu upaya untuk terus melakukan  perbaikan SDM adalah dengan meningkatkan skill dan kompetensi SDM. 

Sebagai lembaga publik, Darul Madinah juga terus melakukan perbaikan dan pembenahan di segala aspek. Salah satunya dengan membekali SDM pengasuh dengan skill dan kompetensi manajerial. 

Kegiatan ini berlangsung sehari yang dilaksanakan di kampus satu Darul Madinah Madiun. 

Semoga dengan kegiatan ini, Darul Madinah terus dipercaya dalam mendidik dan membina generasi bangsa. Aamiin

0 Komentar