ALLAH INGIN DEKAT DENGANMU

Sudah setengah bulanan kita berpuasa. Tentu saja sudah banyak ibadah yang kita lakukan sebagai upaya kita mendekatkan diri kita kepada sang Pencipta yakni Allah SWT. 

Secara lahiriah, puasa ditandai dengan kita tidak makan dan minum seharian. Apa makna di balik kita tidak makan dan minum? Pertanyaan ini penting untuk kita jawab dan perlu diuraikan. 

Kalau sebelas bulan kita rutin makan, minum, tidur dan lain sebagainya, khusus satu bulan ini kita kurangi. Mengurangi makan, minum dan lainnya. Dan kita menfokuskan pada ibadah yang sifatnya batiniyah. Semua ibadah batiniyah tersebut adalah dalam rangka menajamkan batin dan ruhiyah kita agar lebih sensitif terhadap sinyal-sinyal rahmat Allah kepada manusia. 

Dengan kita tidak makan dan minum bisa kita maknai agar kita lebih fokus pada tadabbur sosial dimana banyak sekali kondisi sosial masyarakat yang patut bagi kita untuk merenunginya. Salah satunya adalah melatih rasa empati dimana pada bulan ini mau kaya atau miskin sama-sama berpuasa, tidak makan dan tidak minum. Namun jelang berbuka kondisi keduanya tetap berbeda. Makanya sensitifitas dan kepedulian kita terhadap orang lain dilatih melalui puasa. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

0 Komentar