KEUTAMAAN SHOLAT TARAWEH

Memasuki bulan suci Ramadhan, tentu salah satu ibadah sunnah yang sering kita lakukan adalah ikut melaksanakan sholat taraweh secara berjemaah baik di masjid-masjid maupu  di mushollah. Hal ini menunjukkan antusiasme dan kegembiraan kita menyambut bulan suci Ramadhan. 

Pernahkah kita mengkaji lebih dalam terkait keutamaan sholat taraweh? Mungkin sebagian belom pernah. Dan sebagian mungkin sudah paham dalil dan keuatamaannya. Pada tulisan kali ini akan kami urai hal-hal yang berkaitan dengan keutamaan sholat taraweh. 

1. Sebab diampuninya dosa 
Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW
لحديث النبيّ -صلّى الله عليه وسلّم-: (كانَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ يُرَغِّبُ في قِيَامِ رَمَضَانَ مِن غيرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فيه بعَزِيمَةٍ، فيَقولُ: مَن قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ له ما تَقَدَّمَ مِن ذَنْبِهِ).

2. Menjadi penyebab mendapatkan pahala Qiyamul lail jika sholat bersama imam hingga selesai. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW

لحديث النبيّ -عليه الصلاة والسلام-: (إنَّ الرجلَ إذا صلَّى مع الإمامِ حتى ينصرفَ حُسِبَ له قيامُ ليلةٍ).

3. Mengokohkan iman orang beriman
Puasa ramadhan adalah salah satu pola pendidikan ruhiyah yang sempurna dimana baik yang wajib maupun yang sunnah kita laksanakan dengan maksimal. Maka semua itu akan menjadi penguat dan gizi bagi hati yang dengan demikian iman kita bisa bertambah kuat dan kokoh. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

1 Komentar