LAILATUL QADR

Dua peristiwa besar nan agung terjadi di bulan ramadhan yakni Nuzulul Qur'an dan Lailatul qadr (malam kemuliaan). Nuzulul Qur'an diyakini oleh kebanyakan kaum muslimin terjadi pada tanggal 17 ramadhan. Walaupun ada juga yang berpendapat di malam 24 ramadhan. Tentu saja hanya Allah SWT yang mengetahui kepastian dari malam turunnya al Qur'an. 

Sedangkan lailatul qadr atau malam kemuliaan juga sama yakni masih bersifat rahasia. Dan tidak ada yang mengetahui waktu pastinya malam kemuliaan tersebut. 

Namun nabi Muhammad SAW memberikan anjuran kepada kaum muslimin agar mencari Lailatul qadr pada malam kesepuluh terakhir bulan Ramadhan yakni mulai malam ke 21 sampai 30 ramadhan. Dan secara lebih spesifik lagi nabi Muhammad SAW menunjuk pada malam-malam ganjil sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW
تحروا ليلة القدر في العشر الأواخر من رمضان. 
Carilah malam kemuliaan pada 10 terakhir dari bulan Ramadhan. 

Terkait keutamaan lailatul qadr tentu saja sudah mafhum dan masyhur di kalangan kaum muslimin sebagaimana Allah SWT nyatakan dalam surah al Qadr
ليلة القدر خير من ألف شهر
Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1000 bulan. 

Jika 1000 bulan dikonversi ke tahun maka akan kita dapati 84 tahun 4 bulan. Masa yang cukup panjang yang melebihi rata-rata usia manusia sebagaimana dinyatakan Nabi Muhammad SAW bahwa usia umatku antara 60 sampai 70 tahun. 

Lantas apa ciri-ciri orang yang mendapatkan malam kemuliaan? 
Menurut sebagian ulama' orang yang mendapatkan lailatul qadr adalah
1. Orang yang berpuasa
2. Tidak fasik atau tidak melakukan dosa besar
3. Ikut sholat isyak berjemaah

Dengan tiga kriteria tersebut, seseorang diyakini sudah mendapatkan malam kemuliaan. 

Semoga Allah anugerahkan kepada kita semua lailatul qadr. Aamiin

0 Komentar