TADABBUR SURAH AL QOLAM

Surah kedua yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah al Qalam ayat 1 sampai 7. Mayoritas ulama' sepakat bahwa surah yang kedua yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah surah al Qalam ayat 1 sampai 7.

Ada yang berpendapat bahwa jarak antara turunnya surah al Alaq dengan surah al Qalam sekitar 40 hari. Ada juga yang berpendapat jeda antara keduanya sekitar 3 tahun. Ada yg mengatakan dua setengah tahun. Ada juga yang berpendapat sekitar 6 bulanan. Bahkan ada yang mengatakan hanya terjeda sekitar 3 hari saja. Adanya jeda tersebut menjadikan Nabi Muhammad SAW merasa gamang dan kerinduan akan datangnya wahyu Allah SWT. Selain itu juga, beliau sedih dan merasa terasing dengan terjedanya wahyu dari Allah SWT. 

Apa sebenarnya isi atau kandungan dari surah al Qalam ayat 1 sampai 7? 

Jika surah al alaq berisi tentang masalah akidah yakni berbicara tentang sang Pencipta, pemilik dan sumber ilmu pengetahuan yakni Allah SWT dimana manusia sangat bergantung kepada Allah SWT. Al alaq berbicara tentang pondasi yang menjadi titik fokus perbaikan manusia. 

Jika dikorelasikan dan dikontekstualkan dengan kehidupan saat ini, maka hal pertama dan pokok perbaikan manusia baik pribadi maupun masyarakat adalah aspek akidahnya. 

Maka Allah SWT menurunkan surah al Qalam sebagai solusi tahap kedua untuk memperbaiki umat manusia yakni bidang Akhlak. Maka setelah kita memperbaiki akidah, selanjutnya yang harus diperbaiki adalah Akhlak. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan performance atau penampilan. 

Maka al Qur'an merupakan kalam Allah SWT sebagai mukjizat, sebagai hudan atau petunjuk bagi manusia. Maka perbaikan yang kedua aspek perilaku atau akhlak. 

Maka di bulan suci ini aspek yg perlu diperbaiki adalah aspek akhlak atau perilaku kita sebagai manusia. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

0 Komentar