SETELAH WISUDA, APA?

Moment wisuda tidak terlalu banyak memakan waktu. Paling lama sekitar 6 jam mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan. Yang membuat istimewa dari wisuda adalah rasa syukur atas capaian atas target-target yang sudah ditetapkan sejak awal belajar. Selain itu, wisuda adalah moment ekpresi syukur kepada Allah SWT atas limpahan kesehatan dan kemampuan dalam upaya menggapai impian. 

Maka jika direnungi moment wisuda itu singkat dan cepat namun khidmat dan haru. Yang lama adalah proses berjuang dan belajar mencapai target yg diinginkan. Yang lebih lama lagi adalah pasca wisuda. Apa setelah wisuda? 

Pertanyaan ini penting sekali untuk menjadi renungan bagi siapa saja. Termasuk mereka yang sudah pernah wisuda, baru saja wisuda atau akan diwisuda. Wisuda yg bermakna adalah wisuda yang dijadikan batu loncatan untuk meraih target yang belom tercapai atau masih tertunda. Wisuda yang bermakna adalah wisuda yang melahirkan renungan mendalam tentang apa yang belom dicapai dan selanjutnya menyusun langkah untuk mencapainya. 

Kami ucapkan selamat kepada para santri yang baru saja diwisuda. Semoga Allah memberkahi ilmu ananda semua. Aamiin

0 Komentar