PERJUANGAN MENGGAPAI IMPIAN

Setahun mereka para lulusan MA Darul Madinah Madiun mengabdikan tenaga, pikiran dan ilmunya di pesantren putri tahfidzul Qur'an Hidayatullah Madiun. 24 jam mereka membimbing dan mendampingi para santri SMP dan MA baik aspek ibadah, akhlak maupun hafalan Qur'an-nya. Di saat yang sama mereka juga memiliki harapan dan cita-cita yang ingin diraih sebagaimana remaja pada umumnya. Ada yang ingin lanjut study dalam negeri. Ada juga yang ingin lanjut study di luar negeri. 

Tahun ini, tepatnya bulan Juni 2022 ini mereka telah usai dari pengabdiannya di pesantren putri Darul Madinah Madiun. Maka mereka pun bersiap kembali untuk berjuang mewujudkan cita-cita dan harapan mereka. 

Banyak pengalaman yang sudah mereka peroleh selama pengabdian. Diantaranya adalah
1. Proses mendidik dan mengasuh
Proses ini butuh ilmu baik pedagogi dasar maupun psikologi praktis seperti memahami karakter santri dan cara pendekatannya. Tugas mendidik dan mengasuh bukanlah tugas yang ringan dan mereka melaksanakan itu semua dengan penuh ketaatan dan kesabaran agar para santri terantar menjadi pribadi yang taat dan istiqomah beribadah, mandiri dan berlahlak mulia serta hafal al Qur'an. 

2. Teamwork
Kegiatan rutin yang mereka jalani selama pengabdian adalah rapat. Rapat yang dilakukan hampir setiap pekan baik yang berkaitan dengan koordinasi, evaluasi dan problem solving dimana semua akan teratasi jika teamwork berjalan dengan baik. 

3. Komunikasi
Selain dua hal di atas, mereka para santri pengabdian juga mendapatkan pengalaman dalam hal komunikasi baik komunikasi antar pribadi maupun komunikasi kelompok. Bukan teori yang mereka pelajari namun praktek nyata berkomunikasi dengan sesama ustadzah dan juga dengan santri. 

4. Ketahanan mental
Macam-macam santri yang ditemui dan dihadapi. Semua itu membutuhkan skill dan kompetensi. Salah satunya adalah kemampuan untuk menahan emosi dan amarah tatkala harapan tak sesuai dengan realita. 

Pelajaran hidup setahun melalui proses pengabdian adalah pengalaman yang sangat berharga dan penuh pengalaman. 

Semoga Allah memberikan petunjuk dan pertolongan-Nya kepada antum semua yang sudah melaksanakan pengabdian di pesantren putri Darul Madinah Madiun. Aamiin

0 Komentar