ADAB DI ATAS ILMU

Semua sepakat bahwa kebaikan itu bersifat universal. Oleh karena itu istilah kebaikan dalam al Quran disebut dengan kata معروف / ma'ruf yakni sesuatu yang dikenal atau diketahui. 

Semua juga sepakat bahwa orang yang ramah, sopan dan santun, menghormati orang yang lebih tua, suka menolong dan membantu sesama adalah nilai-nilai kebaikan yang juga bersifat universal. Dimanapun dan kapanpun nilai itu akan selalu terpatri dan terpaut dengan jiwa yang suci dan bersih. 

Pendidikan yang integral adalah pendidikan yang memberikan porsi yang seimbang baik aspek kognisi, psikomotor dan afeksi. Semua orangtua pastinya berharap putra dan putrinya pandai dan cerdas, berakhlak mulia dan mempraktikkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat. 

Maka untuk mencetak dan melahirkan generasi yang integrated adalah dengan cara memahamkan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan. Selain dengan pemahaman tentu saja juga melalui keteladanan baik dari kedua orangtua, para guru, ustadz dan ustadzah serta semua masyarakat. 

Pesantren Darul Madinah mengupayakan hal tersebut dengan kegiatan dauroh adab sebagai upaya memberikan pemahaman dan ilmu kepada para santri agar kelak mereka menjadi pribadi yang baik, berkarakter, berakhlak mulia dan berilmu. Aamiin

0 Komentar