JANGAN PANIK

Apa yang terbayang dan dirasakan oleh para orangtua ketika berpisah dengan anak tercinta baik untuk mondok atau belajar atau pun study di luar negeri? Semuanya orangtua terkhusus para ibu pasti tahu jawabannya. Dan pada saat menjawab pertanyaan ini perasaan itu kadang masih sangat kuat di benaknya. 

Macam-macam perasaannya. Mulai dari khawatir atau takut, panik, dan berbagai macam bayangan negatif yang terjadi dan menimpa anaknya. Semua itu wajar. Justru tidak wajar jika orangtua tidak merasakan hal tersebut. 

Ketika hal tersebut melintas di bayangan kita para orangtua, maka orangtua jangan panik. Panik berlebih tentu berbahaya bagi kesehatan. Utamanya kesehatan mental. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para orangtua, diantaranya
1. Doakan anak
Sebelom memondokkan anak penting bagi para orangtua untuk mendapatkan info terkait pondok yang ditujukan secara lengkap mulai dari kurikulum, tenaga pengajar, sarana pondok dan semua hal yang berkaitan dengan aktifitas anak selama mondok. 

Ketika sebuah keputusan sudah diambil dan disepakati, maka pasrah dan ikhlas adalah hal yang harus dilakukan oleh para orangtua. Seraya banyak berdoa agar ananda mampu melalui semua proses dan tahapan dengan lancar dan suskes. 

2. Berprasangka baik
Prasangka baik menjadi penting bagi para orangtua. Sebab hal ini merupakan "pemenang" bagi mereka. Orangtua yang panik, juga berpengaruh terhadap psikologis anak. Orangtua yang ikhlas dan ridho juga sangat berpengaruh besar terhadap keberkahan ilmu yang dipelajari oleh ananda. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

0 Komentar