MATSAMA, MPLS DAN MPLP

Tahun ajaran baru 2022-2023 Darul Madinah Madiun sudah dimulai. Semua santri baik SMP maupun MA sudah kembali ke pondok untuk kembali berjuang dalam menuntut ilmu dan melatih kemandirian. Tak terkecuali santri baru SMP dan MA juga sudah datang dan masuk pesantren. Tepatnya hari Ahad 3 Juli 2022 mereka semua sudah masuk pondok. 

Mengawali tahun ajaran baru 2022-2023 Pesantren Darul Madinah memulai kegiatannya dengan MATSAMA, MPLS dan MPLP. Ketiga istilah ini bukanlah istilah baru namun sudah lama dan sebagian besar kita tahu singkatannya. 

MATSAMA adalah masa taaruf siswa madrasah. Istilah ini khusus lembaga pendidikan atau madrasah di bawah naungan Kemenag. Sedangkan MPLS adalah masa pengenalan lingkungan sekolah. Istilah ini khusus untuk sekolah yang berada di bawah naungan Diknas. Adapun MPLP adalah masa pengenalan lingkungan pondok. Istilah ini adalah istilah pondok pesantren. Dan bisa jadi pesantren lain memiliki istilah yang berbeda namun kegiatan dan tujuannya sama yakni mengenal lingkungan. 

Antara mondok dengan sekolah tentu saja beda. Maka MPLP merupakan hal yang mutlak dilakukan. Sebab mondok bukan sehari dua hari tapi bisa tahunan. Pondok menjadi rumah kedua setelah rumah pertama para santri. Di rumah mereka memiliki keluarga yakni bapak ibu dan kakak adik dan tetangga. Di pondok keluarga mereka adalah para ustadzah pengasuh, teman belajar dan para pegawai pondok pada umumnya. Merekalah keluarga para santri saat ini. Maka MPLP memiliki tujuan pokok yakni menjadikan santri feel at home alias betah di pondok. 

Kegiatan ini diawali dengan apel pembukaan MTSAMA, MPLS dan MPLP dan Macam-macam kegiatan yang diadakan pada saat MATSAMA, MPLS, MPLP mulai dari mengenal para ustadz dan ustadzah, mengenal sarana dan prasarana dan mengenal serta memahami kurikulum serta aturan pondok. 

Tujuan lainnya dari kegiatan ini adalah kesiapan belajar. Hal ini sangat urgen sekali dalam proses belajar mengajar dan menjadi titik awal masuknya ilmu. Santri yang sudah siap lahir dan batin untuk mengikuti proses belajar mengajar akan lebih mudah memahami dan menangkap ilmu. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

0 Komentar