IBRAH KEHIDUPAN

Seorang ibu rumah tangga lama tidak keluar rumah. Hingga suatu saat para tetangga bertanya-tanya dan curiga kenapa si ibu tidak pernah keluar rumah. Karena penasaran, maka warga berinisiatif untuk bertamu untuk memastikan keberadaan si ibu tadi. Namun setelah beberapa kali salam dan ketok pintu tidak ada jawaban, maka mereka pun mendobrak pintu rumah tersebut dan ternyata didapati si ibu sudah tak bernyawa di tempat duduknya. Sontak para tetangga kaget dan segera melakukan proses penguburan dan lainnya. 

Si ibu ini adalah orang yang cukup kaya. Setidaknya si ibu memiliki 7 rumah. Namun si ibu tidak memiliki keturunan. Dan semasa hidupnya si ibu ini seringkali menyakiti kaum papa dan kadang tidak membayar upah tukang dikarenakan pekerjaan si tukang tidak cocok menurutnya. 

Kisah di atas adalah kisah nyata dan terjadi di kota Madiun beberapa tahun lalu. Dan kisah ini tentu memberikan banyak ibrah dan pelajaran bagi mereka yang masih hidup. Khususnya Terkait dengan bekal hidup manusia tatkala sudah masuk ke liang lahat atau kubur. 

Suatu ketika Sayyidina Ustman Bin Affan ra menangis tatkala beliau ziyarah ke pemakaman Baqi'. Seorang sahabat bertanya kenapa engkau menangis ya Amirul mukminin? 

Beliau ra menjawab "Saya takut azab kubur".
Si sahabat bertanya kembali " Bukankah engkau sudah dijamin masuk surga? "

Sayyidina Ustman bin Affan ra menjawab "Tapi aku tidak dijamin dari siksa neraka".

Maka selagi Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita yang masih hidup agar memperbanyak ketaatan dan kebaikan. 


0 Komentar