MUHARRAM DAN MOMENTUM PERUBAHAN

Bulan muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Bulan muharram juga merupakan bulan haram yang dimulai dari bulan dzulqaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan kebaikan dan keutamaan dimana kaum muslimin melakukan banyak amalan sunnah yang diantaranya adalah puasa tasu'a yakni hari kesembilan dan asyuro' yakni hari kesepuluh bulan Muharram. 

Selain melakukan amal ibadah, kaum muslimin menyambut bulan ini dengan penuh kebahagiaan dan harapan. Sambutan yang paling umum dan banyak diadakan di beberapa tempat adalah taushiyah, taujih dan pawai Muharram. 

Tema yang sering diulas ketika memasuki bulan Muharram adalah tema hijrah. Yakni peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah menuju Yatsrib atau Kota Madinah. 

Jika dihubungkan dengan konteks kekinian maka hijrah berkaitan erat dengan tiga tema besar yakni

1. Visi 
Visi adalah gambaran masa depan yang ingin diwujudkan atau diraih dan dimiliki baik yang bersifat material maupun spiritual ukhrowi. Sebagai seorang muslim maka sudah sangat jelas visi hidupnya sebagaimana tertuang dalam sebuah doa yang dikenal dengan doa sapu jagat yaitu

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Dari doa di atas sangat jelas apa yang ingin diwujudkan oleh seorang muslim yakni mendapatkan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat kelak. 

Bagi seorang muslim visi bukan semata tentang tulisan motivasi semata. Visi yang benar akan melahirkan aksi atau upaya atau program untuk mencapainya. 

2. Perjuangan
Untuk mewujudkan visinya seorang muslim harus berjuang. Berjuang dalam bahasa al Qur'an disebut dengan berjihad. Jihad sendiri menurut para ulama adalah
بذل الجهد لنيل المرام
Mengerahkan segenap kemampuan untuk mencapai cita-cita atau impian. 

3. Kualitas pribadi
Momentum Muharram adalah momentum meningkatkan kualitas diri. Momentum ini harus dimaknai dan diresapi bahwa seseorang yang memiliki kualitas pribadi, maka dialah yang akan menjadi pemenang. 

Semoga bermanfaat. Aamiin

0 Komentar