PELAJARAN DARI KISAH NABI NUH AS

Nabi Nuh as adalah salah satu nabi Allah SWT yang masuk dalam golongan ulul azmi yakni nabi Allah SWT yang mendapatkan ujian yang cukup berat dan mereka mampu melawati semua ujian dan cobaan tersebut dengan penuh kesabaran. Nabi Nuh as berdakwah cukup lama sekali. Sekitar 950 tahun lamanya. 

Salah satu pelajaran penting yang bisa diambil sebagai tadzkiroh adalah kesungguhan dan totalitas beliau dalam berdakwah bahkan kepada anak kandungnya sendiri yakni Kan'an. 

Dalam al Quran dikisahkan bahwa tatkala terjadi banjir bandang Nabi Nuh as bersama pengikutnya menaiki bahtera yang sudah lama dibuatnya dan beliau as melihat Putranya Kan'an yang mencoba untuk memanggilnya agar ikut dalam bahtera. Namun ternyata Kan'an menolak dengan alasan dia akan mencari tempat berlindung yang bisa menyelamatkan nya dari banjir bandang. Dan ternyata Kan'an akhirnya tenggelam. 

Sebagai orangtua tentu saja Nabi Nuh as bersedih dan berdoa kepada Allah SWT serwya bertanya kenapa anaknya tidak diselamatkan. Namun Allah SWT justru menegur Nabi Nuh as dengan munajat tersebut. 

Secara manusiawi betapa sedihnya seorang Nabi Nuh as kehilangan salah seorang putranya. Namun karena ketentuan Allah SWT berkata lain maka beliau as harus menerima ketentuan Allah SWT. 

Pelajaran penting yang menjadi pokok dan inti pelajaran dari kisah Nabi Nuh as adalah ikatan iman atau ikatan tauhid. Inilah yang menjadi pokok dan inti dalam proses pendidikan bahwa yang menjadi perhatian utama dalam mendidik anak atau murid adalah nilai-nilai tauhid. 

Semoga bermanfaat

0 Komentar