PROGRAM DINIYAH KEPESANTRENAN

Memasuki tahun ajaran baru 2022-2023 Pesantren Darul Madinah Madiun mengangkat program baru. Khususnya dalam bidang Diniyah Kepesantrenan dimana sebelumya Pesantren Darul Madinah Madiun sudah menetapkan program unggulan utamanya yakni Tahfidzul Qur'an. 

Program Diniyah Kepesantrenan ini terdiri dari dua kegiatan yakni
1. Kajian Ahad pagi
Kajian Ahad pagi terdiri dari kajian kitab ta'limul muta'allim untuk jenjang SMP. Kitab ini membahas seputar adab seorang penuntut ilmu. Untuk Santri jenjang MA para santri mengkaji Kitab Hilyatu Tholibil Ilmi. Kedua Kitab ini dilaksanakan pada Ahad pekan pertama. 

Sedangkan pada Ahad pekan kedua para santri baik SMP maupun MA mengkaji Kitab fikih wanita. Sebagaimana Pesantren Darul Madinah Madiun adalah Pesantren khusus putri, maka kajian Kitab fikih wanita adalah hal yang harus dipelajari oleh para santri. 

Adapun pada pekan ketiga adalah kajian Tafsir dimana untuk jenjang SMP fokus pada Tafsir juz 30. Sedangkan untuk Santri MA fokus pada surah An Nuur. Diharapkan dengan kajian-kajian Kitab ini para santri semakin dekat dengan al Qur'an. 

Sedangkan pada Ahad pekan keempat diisi dengan kajian tasyji'/motivasi yang diisi oleh para pembina Yayasan Darul Madinah Madiun. 

2. MBA/Terjemah Lafdziyyah
Hidayatullah memiliki program spesial dalam bidang al Qur'an yakni GRAND MBA yakni Gerakan Dakwah Mengajar Belajar Al Qur'an. Kegiatan ini dilaksanakan setiap selesai sholat isyak dimana para santri dijadwal untuk menyampaikan satu ayat di hadapan para santri yang lain. 

Adapun tahapan MBA di Pesantren Darul Madinah adalah sebagai berikut
1. Membaca secara tartil 
2. Menjelaskan kandungan tajwid pada ayat yang dibaca
3. Memilah-milah ayat menjadi perkata
4. Menyebutkan jenis kalimat
5. Menerjemahkan perkata
6. Menerjemahkan secara keseluruhan. 

Semoga dengan program baru ini para santri semakin dekat dan akrab dengan al Qur'an. Aamiin

0 Komentar