SANTRI SMP DARUL MADINAH IKUTI ANBK 2022

Senin 19 September 2022 santri SMP Darul Madinah mengikuti ANBK atau Assesment Nasional Berbasis Komputer. Kegiatan ini diikuti oleh santri SMP sekitar 50 siswi yang dilaksanakan di Laboratorium komputer SMP Darul Madinah Madiun. 

ANBK bukan menjadi penentu kelulusan. ANBK ditujukan untuk menilai mutu sebuah lembaga pendidikan. Untuk mendapatkan gambaran mutu lembaga pendidikan maka ANBK ini meliputi hasil belajar siswa, kualitas proses belajar mengajar, dan iklim satuan Pendidikan. 

Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek, instrumen yang dipakai di ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

AKM menjadi instrumen yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Sementara Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

Sedangkan Survei Lingkungan Belajar akan mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.



0 Komentar