DAUROH AL QURAN BERSANAD

Tuntas sudah pelaksanaan Ujian Akhir Tahfidz (UAT) Pesantren Putri Tahfidzul Quran Hidayatullah Madiun tahun pelajaran 2022-2023. Sebanyak 60 an santri jenjang SMP Darul Madinah telah menyelesaikan ujian akhirnya. Demikian juga sebanyak 40 an santri MA Darul Madinah telah menyelesaikan ujian akhir tahfidz tahun ini. 

Namun demikian upaya untuk terus membekali para santri dengan ilmu dan pemahaman yang cukup dalam bidang al Quran, Pesantren Hidayatullah Madiun menghadirkan sebuah program tahsin dan tahfidz Quran yang dikemas dalam Dauroh Al Quran bersanad. 

Kegiatan Dauroh ini dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 13 April 2023 yakni selama 4 hari mulai hari senin sampai kamis dengan peserta para santri SMP kelas 9 dan MA kelas 12 yang telah menyelesaikan ujian tahfidznya. 

Kegiatan dauroh ini dilaksanakan di dua kampus yakni kampus Pesantren Hidayatullah Madiun yang berlokasi di jalan Mulya Bakti Kota Madiun dan kampus Hidayatullah Jiwan Kabupaten Madiun yang beralamat di jalan Sukosari II Kwangsen, Jiwan Madiun. 

Dua pemateri yang sudah bersanad dihadirkan untuk memberikan materi yang spesial kepada para santri yakni Ustadz Ishom al Hafidz yang memberikan materi kepada santri MA kelas 12 dan ustadzah Dzikrina Istighfarah al Hafidzah yang memberikan materi kepada santri SMP kelas 9.
Dua materi yang menjadi dasar untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan santri yakni kitab Matan Tuhfatul Athfal dan Matan kitab aljazariyyah. Kedua kitab ini merupakan kitab yang wajib dipahami oleh setiap pembaca al Quran termasuk para santri yang menghafalkan al Quran. 

Semoga kegiatan ini mendatangkan kebaikan bagi para santri dan Pesantren Darul Madinah Madiun. Aamiin

0 Komentar