MASA ORIENTASI SANTRI BARU PPTQ HIDAYATULLAH MADIUN

Bismillah walhamdulillah 

Para santri yang berbahagia
Pada kesempatan ini pak ustadz akan menyampaikan beberapa hal penting kepada adik-adik semua. Maka simak dan dengarkanlah baik-baik. 

1. Ahad kemaren tanggal 16 Juli 2023 merupakan hari bersejarah dalam hidup adik-adik sekalian. Antum semua akan mengukir sejarah antum di pesantren ini selama tiga tahun ke depan. Ini adalah perjalanan sejarah. Ini adalah perjalanan perjuangan. Dan perjuangan itu adalah sesuatu yang baik dan mulia. 

2. Di sini antum tidak sendirian. Banyak kawan-kawan seperjuangan antum yang akan mengukir sejarahnya masing-masing. Ada yang berasal dari sekitar Jawa Timur dan ada temen antum yang berasal dari luar Jawa. Jauh dekat kita semua yang ada di pesantren ini adalah keluarga antum semua. Kami semua adalah orangtua antum semua. Dan tugas kami adalah mendidik, membimbing, menasehati, menegur antum semua. 

3. Beberapa kesan tentang mondok. Diantaranya

a). Mondok itu baik dan mulia. Sebab semua hal yang dilakukan di pesantren ini mulai bangun tidur sampai tidur kembali semuanya kebaikan. Hari-hari antum akan diisi dengan belajar, menghafal al Quran, ibadah, bermain dan bersantai dan sebagainya. Semua itu adalah kebaikan. 

b). Mondok itu adalah perjuangan. Ada sebuah cita-cita, impian, harapan yang ingin antum wujudkan. Maka untuk mewujudkan impian tersebut diperlukan perjuangan keras, belajar serius dan penuh semangat, beribadah tekun dan berdoa. Dan yang pasti dibutuhkan kesabaran. 

c). Mondok itu menyenangkan. Sebab kita bisa mengenal banyak teman yang berasal dari berbagai daerah baik sesama santri baru maupun dengan santri lama. Kita juga bisa mengenal berbagai macam karakter seseorang dan sebagainya. 

d). Mondok itu membosankan. Ya mondok itu memang membosankan. Sebab penuh dengan rutinitas, monoton. Yang kelas 1 berujar kapan mondok ini akan selesai atau kapan libur? Yang kelas 2 berujar kapan mondok ini berakhir atau kapan liburnya? Yang kelas 3 berujar loh kok udah kelas 3. Bentar lagi udah mau lulus. Yang sudah lulus akan berujar loh bentar sekali saya mondok. 

4. Untuk mewujudkan impian antum semua, maka diperlukan bekal dalam menuntut ilmu sebagaimana dinasehatkan oleh para ulama dalam syair berikut

ألا لا تنال العلم إلا بستة  سأنبيك عن مجموعها ببيان
ذكاء وحرص واصطبار وبلغة  وارشاد أستاذ وطول زمان

Ada 6 bekal dalam menuntut ilmu yakni cerdas, semangat, sabar, bekal, petunjuk guru dan waktu yang lama. 

5. Karena kita satu kelompok atau komunitas, maka di pesantren ini ada aturan yang ditetapkan oleh lembaga sebagai pedoman dan sebagai petunjuk kita dalam beraktivitas, bersikap dan berinteraksi dengan sesama santri yang insha Allah nanti akan disampaikan oleh ustadzah pengasuh. 

6. Namun yang paling inti dari mondok ini adalah ridho dengan semua ketentuan Pesantren selama itu berupa kebaikan. Antum semua ridho dengan bimbingan, nasehat dan teguran ustadz dan ustadzah. Insha Allah jika demikian sikap antum semua, Allah SWT akan karuniakan keberkahan kepada antum dan kedua orang tua antum semuanya. 

7. Termasuk yang harus antum lakukan adalah hadir jiwa raganya antum ketika belajar, menghafal, makan, minum, tidur, dan beraktivitas lainnya. 

Semoga Allah SWT memberkati antum semua dalam menuntut ilmu. Aamiin

0 Komentar