ORIENTASI WALI SANTRI PPTQ HIDAYATULLAH MADIUN

Tepat hari ini Ahad 16 Juli 2023 santri baru PPTQ Hidayatullah Madiun - SMP-MA Darul Madinah mulai masuk pondok pesantren. Para santri diantar oleh kedua orang tuanya atau oleh keluarga besarnya. Di Pesantren Darul Madinah masuk pondok diistilahkan dengan check in santri. Istilah ini berlaku bagi santri baru maupun lama. 

Selain kegiatan check in santri, para wali santri juga harus mengikuti satu kegiatan penting yakni kegiatan sosialisasi dan orientasi wali santri. Dalam kegiatan ini banyak hal yang biasanya disampaikan oleh pengelola Pesantren mulai dari Kurikulum, tata tertib, dan hal-hal penting lainnya agar para wali santri benar-benar memahami pesantren dimana putrinya akan belajar selama masa waktu tertentu. 

Kegiatan orientasi ini menjadi sangat penting karena mondok itu juga merupakan proses pendidikan dimana pendidikan itu membutuhkan waktu yang lama. Berbeda dengan membuat sebuah produk makanan atau snack yang tidak butuh waktu lama. Hal itu ditegaskan dalam sebuah potongan syair yang sangat terkenal dengan syarat menuntut ilmu yakni طول زمان / panjang masanya. 

Menyadari lamanya waktu proses pendidikan agar dipahami bahwa ketika seorang anak belom berhasil dalam bidang atau kompetensi tertentu tidak langsung disikapi dengan reaktif dan emosional. Lebih-lebih lagi sampai membanding-bandingkan si anak dengan anak yang lain yang justru hal tersebut akan semakin membuat si anak tambah tertekan dan stress. 

Menyadari lamanya waktu proses pendidikan juga agar baik pengelola pesantren yakni para ustadz dan ustadzah serta para wali santri memiliki kesabaran yang luas dan panjang. Sebab proses pendidikan ada yang berjalan mulus dan lancar dan ada yang berliku-liku dan ada yang naik turun. Sehingga selain kesabaran yang harus dimiliki oleh semua orangtua dan pada ustadz dan ustadzah, ada doa dan munajat yang senantiasa disampaikan kepada Allah SWT agar Allah SWT membimbing, memberi ilmu kepada para santri. 

Selain kesalingpahaman antara pengelola pesantren dengan para wali santri ada satu point penting yang juga harus dijaga betul oleh semua yang terlibat dalam proses pendidikan yakni keridhoan dan keikhlasan dalam memondokkan anak. Para orangtua ridho dan ikhlas dengan semua sistem yang dijalankan di pesantren. Pun demikian para ustadz dan ustadzah juga ridho dan ikhlas menjalankan proses pendidikan. Saling ridho dan saling ikhlas inilah yang akan mengundang keberkahan dan keridhoan Allah SWT. 

Unsur keridhoan dan keikhlasan ini akan sangat berpengaruh besar terhadap proses dan hasil pendidikan. Maka semua hal yang bersifat administrasi, SOP dan lainnya hanya akan menjadi masalah atau sumber masalah dalam proses pendidikan. Maka aspek administrasi lahir dan aspek batin berupa keridhoan orangtua dan ustadz dan ustadzah akan melahirkan proses yang baik dan hasil yang baik pula. 

Maka kegiatan orientasi setiap awal tahun adalah hal yang mutlak diikuti dan dihadiri oleh para wali santri agar paham betul dengan seluk beluk pesantren. Pun demikian juga mengenal para ustadz dan ustadzah pengajar dan pengelola pesantren. 

Semoga para santri diberikan kesabaran dalam menuntut ilmu dan para walisantri diberikan kesabaran dalam mengikuti proses pendidikan di pesantren Darul Madinah. Aamiin

0 Komentar