BEKAL ORANG TUA DI ERA MILLINEAL


Hari ini kita sama-sama berkumpul di majlis ini dalam rangka menimba ilmu. Semua kita mari berniat untuk menimba dan menambah ilmu. Kita sharing ttg pengalaman-pengalaman positif seputar mendidik dan mengasuh anak-anak kita. 

Imam Zarnuji dalam kitabnya Ta'limul Mutaallim berkata dalam sebuah syair

ألا لا تنال العلم إلا بستة  سأنبيك عن مجموعها ببيان
ذكاء وحرص واصطبار وبلغة وارشاد أستاذ وطول زمان

Menurut beliau bekal menuntut ilmu itu ada 6 yakni 

1. Cerdas 
Semua anak pasti Allah karuniakan kecerdasan. Maka mari kita kenali apa saja kecerdasan menurut para ahli yang mempelajari dan mengkaji tema kecerdasan. 

Kecerdasan dalam istilah bahasa Inggris disebut dengan intelligence. Apa itu kecerdasan? Banyak pengertian ttg kecerdasan. Diantaranya adalah kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga definisi lain yakni kemampuan memahami dan mengolah informasi. 

Menurut Daniel Golman kecerdasan itu ada 8 macam yang dikenal dengan multiple intelligence atau kecerdasan majmukmajmuk yakni kecerdasan linguistik / berbahasa, kecerdasan naturalistik / kealaman, kecerdasan logis matematis, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intra personal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan spasial, kecerdasan musikal. 

Jadi kecerdasan bukan semata kognitif yang hanya diukur dari kemampuan pada bidang tertentu saja. Dengan begitu kita bisa belajar mengenali anak-anak kita dari sisi kecerdasannya. 

2. Semangat 
Bekal yng kedua adalah semangat. Melakukan apapun harus semangat. Makan harus semangat. Belajar apalagi. Lari atau jogging juga harus semangat. 

3. Sabar 

4. Bekal

5. Petunjuk guru

6. Masa yang panjang. 

Dari keenam bekal tersebut anak kita mau diantar menjadi apa atau seperti siapa? 

Dari sini kita sama-sama belajar dari petunjuk Allah SWT dalam al Quran dan dari sosok-sosok penting yang Allah SWT hadirkan dalam kehidupan ini. Salah satunya adalah Nabi Ibrahim as. 

Ada dua tujuan penting yang ingin dicapai dari semua proses pendidikan yang kita lakukan  yakni penguatan tauhid dan akhlak. 

Allah SWT berfirman dalam surah Ibrahim sbb
واجنبني وبني أن نعبد الأصنام

Dan jauhkanlah hamba dan anak keturunan hamba dari menyembah berhala. 

Inilah doa yang Nabi Ibrahim as munajatkan dan mintakan kepada Allah SWT. 

Kemudian yang kedua adalah 
ربنا ليقيموا الصلاة

Wahai Rabb kami agar mereka menegakkan Shalat. 


0 Komentar