SILATURRAHIM & PEMBINAAN PEGAWAI DARUL MADINAH


Tepat hari ini Sabtu 30 September 2023 Pegawai Yayasan Darul Madinah PPTQ Hidayatullah Madiun berkumpul di Kampus 2 Kwangsen Jiwan Kabupaten Madiun dalam rangka menghadiri kegiatan silaturahim dan pembinaan yang dilaksanakan secara rutin setiap akhir bulan. Dan kali ini merupakan kali kedua pada tahun pelajaran 2023-2024 ini. 

Kegiatan ini merupakan upaya untuk memupuk kekompakan, keakraban, kekeluargaan dan soliditas para pegawai yang berjuang di lembaga pendidikan PPTQ Hidayatullah Madiun dimana sampai saat ini Darul Madinah sudah memiliki beberapa lembaga pendidikan mulai jenjang TK Yaa Bunayya, SMP Darul Madinah, MA Darul Madinah dan Ma'had Aly Darul Madinah Madiun. 

Dan spesial pemateri pada kesempatan pembinaan kali ini adalah beliau ustadz KH. Ahmad Hebni Syarif, M.Pd.I yakni Pembina Yayasan Darul Madinah Madiun. 

Dalam kesempatan ini beliau memberikan banyak nasehat kepada para pegawai terkait dengan nilai-nilai perjuangan kelembagaan yang dalam pandangan beliau manusia dalam bekerja terbagi menjadi beberapa macam yakni

1. Transaksional
Bukan keliru jika seseorang mencari nafkah. Bahkan secara syar'i wajib hukumnya mencari nafkah untuk orang-orang yang menjadi tanggungan dan amanah. Namun demikian terlalu transaksional tentu akan mendapatkan banyak kekecewaan. 

2. Hobi
Ada juga yang bekerja karena hobi. Motivasinya bukan untuk mendapatkan sesuatu tapi 

3. Perjuangan 
Ada juga yang menggunakan kacamata perjuangan dimana karakter utamakan adalah totalitas dan melebur dalam perjuangan. 

Dalam kesempatan ini beliau juga memberikan sebuah permisalan yang dikutip dari kitab Riyadush Sholihin dimana Nabi Muhammad SAW memberikan gambaran tentang orang yang beternak kuda

1. Peternak kuda yg hanya mencari keuntungan dari ternak kuda. Maka orang seperti ini tidak mendapatkan apa-apa kecuali materi semata. 

2. Peternak kuda yang hanya sekedar hobi. Yang diorientasikan semata kepuasaan. 

3. Peternak kuda yang secara totalitas merawat kuda-kudanya karena ingin memberikan kebaikan dan manfaat pada lingkungan. 

Semoga bermanfaat

0 Komentar