MOTIVASI KEBAIKAN BERSAMA RAMADHAN

Salah satu motivasi yang luar biasa besar di bulan Ramadhan adalah menyebar kebaikan kepada masyarakat sekitar. Lebih tepatnya disebut ibadah sosial  atau kedermawanan. 

Dalam salah satu hadits tentang keutamaan puasa di bulan Ramadhan adalah bahwa pahala memberi makan kepada orang yang berpuasa sama dengan mendapatkan pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa dikurangi sedikitpun. 

Motivasi ini dibuat dalam berbagai macam model kegiatan. Diantaranya memberi ta'jil di pinggir jalan, ke masjid-masjid, dan pondok-pondok pesantren. Semua itu dilakukan karena ingin mendapatkan banyak kebaikan dan pahala selama bulan Ramadhan. 

Di Sudan ada sebuah tradisi yang unik dimana masyarakat Sudan sengaja memberhentikan orang yang sedang melintas, sekedar untuk mengajak mereka berbuka bersama. Hal ini karena mereka masyarakat Sudan paham betul besarnya pahala memberi ta'jil kepada orang yang sedang berpuasa. 

Pesantren Darul Madinah mengajak kaum Muslim untuk mentradisikan kebaikan ini dengan berbagi kebaikan kepada sesama, khususnya kepada para santri penghafal al Qur'an. 

Semoga kebaikan yang bapak ibu berikan dan tebarkan mendatangkan kebaikan yang lebih besar lagi di masa-masa yang akan datang. Aamiin

0 Komentar